Semarang, 20 Juni 2024 – Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan Workshop dan Pelatihan Pembimbing Pre-Internship Gizi di Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro mulai dari jam 08.00 – 16.00 WIB. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan menyamakan pemahaman tentang Pre-Internship program S1 Gizi bagi dosen dan pembimbing lapangan. Acara yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh 80 peserta, terdiri dari dosen Prodi Gizi FK Undip dan stakeholder dari 18 rumah sakit di Semarang dan wilayah sekitarnya serta 37 puskesmas di Kota Semarang yang merupakan mitra dari Departemen Ilmu Gizi FK Undip.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Ketua Departemen Ilmu Gizi, Ibu Gemala Anjani SP, MSi, PhD, dan dilanjutkan oleh Kaprodi S1 Gizi, Prof. Dr. Diana Nur Afifah, STP, MSi. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi evaluasi Pre-Internship Gizi 2023 dan rencana pelaksanaan Pre-Internship Gizi 2024 dipimpin oleh Ibu Fillah Fithra Dieny, SGz, MSi.

Workshop ini menghadirkan narasumber dari berbagai bidang, termasuk Ketua Profesi Dietisien FKKMK UGM, Tony Arjuna, M.Nutr.Diet, PhD. Sesi lainnya mencakup metode pembelajaran dewasa, evaluasi, serta penilaian pada kegiatan praktek belajar lapangan di bidang Gizi Klinis, Food Services Management (FSM), dan Gizi Masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi tiap bidang antara dosen dan pembimbing lapangan. Pada akhir sesi, dilakukan pleno kesepakatan pelaksanaan Pre-Internship dan penutupan acara.

Ketua Pelaksana, Prof. Dr. Diana Nur Afifah, STP, MSi, menyatakan, “Workshop ini penting untuk menyamakan persepsi antara pembimbing di lapangan dan dosen Prodi Gizi, serta menyempurnakan modul Pre-Internship dengan menerima masukan langsung dari pembimbing lapangan.”

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Prodi Gizi FK Undip. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para pembimbing dan dosen dapat memberikan bimbingan yang lebih efektif dan terstandarisasi kepada mahasiswa dalam melaksanakan Pre-Internship Gizi, baik di bidang gizi klinik, penyelenggaraan makanan maupun gizi masyarakat.