(024) 76402881 gizi@fk.undip.ac.id

PKM

Bidang Program Kreativitas Mahasiswa

PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)

Bidang ini berperan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil PKM Mahasiswa Program Studi S-1 Gizi FK UNDIP serta bertanggung jawab terhadap alur kaderisasi riset melalui PKM.

Nama Pengurus:

  • Euis Purwanti (Ketua Bidang)
  • Erina Arum Safitri (Staf Ahli)
  • Amira Sarah Salsabil (Staf Senior)
  • Ria Irmelin Br Barus (Staf Muda)
  • Afifah Nur Qolbiyah (Staf Muda)
  • Amalia Ayu Benita (Staf Muda)

Program Kerja:

  • Sekolah Kakak Pembimbing

Sekolah Kakak Pembimbing (Sekolah KP) merupakan kegiatan pelatihan bagi para calon kakak pembimbing PKM (angkatan 2019 dan 2020) agar lebih memahami berbagai hal tentang PKM, baik dari segi materi maupun dari segi teknis. Program kerja ini terdiri atas pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sharing. Dengan diadakannya Sekolah KP, diharapkan para calon kakak pembimbing dapat membimbing mahasiswa baru dengan baik dalam penyusunan proposal PKM, dan dapat menghasilkan PKM yang berkualitas dan berpotensi membawa nama Universitas Diponegoro dalam PIMNAS.

  • Pelatihan PKM

Pelatihan PKM merupakan salah satu serangkaian kegiatan penunjang PKM di program studi Ilmu Gizi. Kegiatan pelatihan PKM ini merupakan lanjutan dari Sekolah Kakak Pembimbing yang berupa talkshow, pemaparan materi mengenai jenis PKM, dan pelatihan penyusunan proposal PKM. Program ini ditujukan untuk kakak pembimbing serta adalah mahasiswa baru dan bertujuan untuk mengenalkan PKM pada mahasiswa baru dan memberikan informasi lebih lanjut mengenai PKM agar mahasiswa dapat menyiapkan PKM lebih matang dan mahasiswa dapat lebih mengerti mengenai alur pengajuan PKM.

  • PKM Magazine

PKM Magazine merupakan bentuk pencerdasan online yang berisi informasi menarik dan ter-update mengenai PKM, pengenalan berbagai bidang PKM, QnA, hingga tips dalam membuat PKM. PKM Magazine akan di upload setiap bulan dengan tema yang berbeda pada official account HMIG. Selain untuk mengedukasi, program kerja ini diharapkan juga dapat menarik minat mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan PKM.

  • Database PKM

Database PKM merupakan wadah pengumpulan proposal PKM yang telah dirancang oleh mahasiswa yang bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam mengumpulkan serta mencari referensi proposal PKM. Pengumpulan proposal PKM dapat dilakukan melalui google form. Setelah itu, proposal yang telah dikumpulkan akan disimpan di dalam folder google drive dan dapat diakses oleh mahasiswa yang membutuhkan referensi dalam pembuatan proposal PKM. Selain itu, database PKM juga menghimpun mahasiswa Gizi yang lolos pendanaan PKM dan lolos PIMNAS.