(024) 76402881 gizi@fk.undip.ac.id

PEDSOS

Bidang Peduli Sosial

Pedsos (Peduli Sosial)

Bidang Peduli Sosial merupakan bidang yang menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dan mahasiswa.

Nama Pengurus:

  • Mita Ayu Lestari (Ketua Bidang)
  • Feni Riwanti (Staf Ahli)
  • Erika Nurul Larasati (Staf Senior)
  • Dyah Pawening Rarasati (Staf Senior)
  • Idelia Akmaliyyah Natasyaesa (Staf Muda)
  • Reghina Afrisyia Suparman (Staf Muda)
  • Putri Wulansari (Staf Muda)
  • Qorina Zulfa (Staf Muda)

Program Kerja:

  • Mahasiswa Gizi Peduli Desa (MGPD)

Mahasiswa Gizi Peduli Desa (MGPD) merupakan bentuk dari aplikasi nyata mahasiswa terhadap ilmu yang didapat selama masa studi. MGPD membuat mahasiswa melihat secara nyata terhadap kejadian di lapangan mengenai kondisi sosial dan kesehatan masyarakat. Kondisi masyarakat yang kurang peduli terhadap kesehatan dan gizi membuat kami tergerak untuk berkontribusi langsung ke lapangan. Sebagai Mahasiswa Ilmu Gizi, MGPD menjadi wadah untuk turut serta berjuang memperbaiki generasi bangsa Indonesia ke depan. MGPD sendiri berisikan serangkaian acara yang merujuk kepada pengabdian mahasiswa di desa sasaran. MGPD diharapkan dapat menjadi upaya dalam memberikan solusi permasalahan kesehatan dan sosial yang ada di masyarakat guna meningkatkan kepekaan sosial mahasiswa.

  • Edukasi Donor Darah (Edukasi Dondar)

Kebutuhan kantong darah bagi masyarakat yang membutuhkan masih tinggi, namun kantong darah yang dimiliki oleh PMI belum dapat kebutuhan tersebut. Sehingga, Pedsos HMIG mengadakan acara donor darah yang bekerja sama dengan KSR UNDIP dan PMI untuk mendukung dan memenuhi kantong darah yang dibutuhkan. Kegiatan donor darah ini dilakukan sebanyak dua kali dalam satu tahun. Sasaran dari kegiatan donor darah ini sendiri adalah mahasiswa S-1 Gizi FK UNDIP. Nantinya, kantong darah yang terkumpul akan dihimpun oleh PMI. Namun, kegiatan ini tidak memungkinkan untuk dilakukan di saat pandemi seperti sekarang, sehingga Pedsos HMIG mengganti kegiatan ini dalam bentuk edukasi online berupa infografis serta informasi mengenai jadwal donor darah di Daerah Tembalang yang dilakukan oleh PMI Kota Semarang. Kegiatan edukasi online ini dilakukan secara rutin setiap dua kali sebulan yang diunggah melalui official account HMIG.

  • Edukasi Vaksinasi Hepatitis B

Kegiatan vaksinasi hepatitis B merupakan fasilitas yang diberikan untuk mencegah Mahasiswa S-1 Gizi FK UNDIP tertular penyakit. untuk mendapatkan vaksinasi hepatitis B dalam rangka pencegahan virus hepatitis B. Kegiatan vaksinasi ini dilakukan sebanyak 5 kali (prevaksin, vaksin satu, dua, tiga, dan postvasksin) dengan biaya yang bisa dibayarkan secara dicicil. Namun, karena kegiatan ini tidak bisa dilaksanakan di saat pandemi, maka Pedsos HMIG menggubah kegiatan vaksin dengan edukasi online berupa infografis mengenai pentingnya vaksinasi hepatitis B.

  • Gizi Peduli Kasih (GPK)

Gizi Peduli Kasih (GPK) merupakan program kerja Pedsos HMIG yang membuka donasi untuk bencana alam melalui transfer rekening, OVO, Gopay (online) dan mengelilingkan amplop di kelas S-1 Ilmu Gizi UNDIP (offline). Saat ini GPK dilakukan melalui satu pintu bersama dengan BEM FK UNDIP, yaitu melakukan repost pada postingan social media terkait donasi kebencanaan di official account HMIG dengan pembuatan desain dari Infokom HMIG. Setelah batas donasi berakhir, PJ GPK HMIG akan meminta transparansi hasil donasi mahasiswa Ilmu Gizi FK UNDIP kepada contact person BEM FK UNDIP.