(024) 76402881 gizi@fk.undip.ac.id

LITBANG

Bidang Penelitian dan Pengembangan (LITBANG)

Litbang (Penelitian dan Pengembangan)

Bidang ini bergerak dalam membangun hubungan sinergis dan konstruktif antar pengurus bidang dalam HMIG serta berkoordinasi dengan Ketua dan Wakil Ketua HMIG dalam pengawasan, evaluasi, dan peningkatan kinerja.

Nama Pengurus:

  • Auliana Nashera (Ketua Bidang)
  • Nabila Ayu Fahreza (Staf Ahli)
  • Nyoman Putri Ari Amelinda (Staf Senior)
  • Kumala Wijayanti (Staf Muda)
  • Divine (Staf Muda)
  • Aquila Bellatrix (Staf Muda)
  • Fathin Nur Hidayati (Staf Muda)

Program Kerja:

  • Supercamp

Supercamp merupakan serangkaian kegiatan yang diadakan di awal kepengurusan dengan bentuk kegiatan berupa pengenalan diri, diskusi, games, dan sharing antar pengurus. Adanya kegiatan ini bertujuan agar seluruh pengurus HMIG saling mengenal dan memiliki hubungan yang erat antar bidang maupun keseluruhan HMIG. Kegiatan supercamp akan diadakan selama dua kali pertemuan melalui media platform secara online.

  • Laporan Pertanggungjawaban Tengah Tahun (LPJ TETA)

LPJ TETA merupakan kegiatan bagi seluruh pengurus HMIG untuk mempertanggungjawabkan keberjalanan program kerja dan keuangan yang digunakan selama setengah tahun kepengurusan. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan awarding pengurus yang terdiri dari games dan pemberian apresiasi tengah tahun bagi staf terbaik. Tujuan kegiatan LPJ TETA adalah untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan sehingga dapat memperbaiki kekurangan yang ada dan meningkatkan kualitas program kerja, serta mengapresiasi pengurus HMIG yang telah bekerja keras selama setengah tahun kepengurusan.

  • Upgrading

Upgrading merupakan kegiatan pengembangan diri, pembentukan karakter, dan pembangkit semangat yang ditujukan untuk seluruh pengurus HMIG di tengah masa kepengurusan. Upgrading tersusun atas serangkaian acara yang dilaksanakan setiap minggu dalam jangka satu bulan yang berisi materi-materi dan pembelajaran santai untuk memicu pembentukan karakter masing-masing pengurus, serta meningkatkan semangat melalui games. Selain bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan karakter masing-masing pengurus dan menambah semangat, upgrading diharapkan juga dapat lebih mengeratkan hubungan antar anggota bidang.

  • Laporan Pertanggungjawaban Akhir Tahun (LPJ AT)

LPJ AT merupakan kegiatan bagi seluruh pengurus HMIG untuk mempertanggungjawabkan keberjalanan program kerja dan keuangan yang digunakan selama tengah hingga akhir kepengurusan. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan awarding pengurus yang terdiri dari games dan pemberian apresiasi tengah tahun bagi staf terbaik. Tujuan dari kegiatan LPJ AT adalah untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan sehingga dapat memperbaiki kekurangan yang ada dan meningkatkan kualitas program kerja, serta mengapresiasi pengurus HMIG yang telah bekerja keras selama setengah tahun kepengurusan.

 

Agenda :

  • Staff of The Triwulan

Staff of The Triwulan merupakan kegiatan pemberian apresiasi kepada staf yang memiliki kinerja terbaik per 3 bulan kepengurusan sekaligus memacu semangat staf lainnya untuk terus berkarya. Apresiasi yang diberikan berupa appreciation post pada official account HMIG. Kegiatan ini diadakan sebanyak 2 kali dalam satu periode kepengurusan.

  • Rapor Pengurus

Rapor pengurus HMIG merupakan kegiatan evaluasi dan penilaian kinerja seluruh pengurus HMIG yang diadakan selama dua kali dalam kepengurusan yaitu, periode tengah tahun (TETA) dan akhir tahun (AT). Rapor pengurus HMIG bertujuan supaya setiap pengurus HMIG dapat meningkatkan kinerjanya serta memperbaiki kekurangannya melalui kritik dan saran yang diberikan. Setiap pengurus akan dinilai berdasarkan penilaian kualitatif dan kuantitatif. Penilaian kualitatif dilakukan oleh antar staf bidang, dan litbang (untuk seluruh pengurus), serta kahim (khusus untuk penilaian kabid). Pada penilaian kuantitatif, penilaian dilakukan oleh masing-masing pengurus yang kemudian akan disesuaikan dengan data yang dimiliki BPH dan Litbang. Penilaian kualitatif dan kuantitatif kemudian akan diolah oleh Litbang dan diberikan kepada masing-masing pengurus dalam bentuk infografis.

  • Rapor Program Kerja HMIG

Rapor program kerja HMIG merupakan kegiatan evaluasi dan penilaian terhadap keberjalanan suatu program kerja yang telah diadakan oleh setiap bidang. Rapor program kerja HMIG bertujuan agar setiap bidang dapat mengetahui kekurangan, kritik, serta saran untuk program kerja melalui feedback peserta supaya dapat meningkatkan kualitas serta memperbaiki kekurangan yang ada. Penilaian dilakukan oleh peserta kegiatan melalui formulir penilaian yang dibagikan setelah program kerja selesai diadakan. Penilaian tersebut kemudian diolah dan dituangkan dalam bentuk infografis.