(024) 76402881 gizi@fk.undip.ac.id

KESMA

BIdang Kesejahteraan Mahasiswa

 

Kesma (Kesejahteraan Mahasiswa)

Bidang ini bergerak dalam pelayanan dan kesejahteraan mahasiswa Gizi melalui penyampaian aspirasi serta informasi terkait.

Nama Pengurus:

  • Puspita Dian Pratiwi (Ketua Bidang)
  • Dita Paramita (Staf Ahli)
  • Wiki Sari Sinurat (Staf Senior)
  • Dewi Salamah (Staf Senior)
  • Muthia Zahra Pratiwi (Staf Muda)
  • Jasmin Rahmawati Kasih (Staf Muda)
  • Dhea Ananda Cholilla Murti (Staf Muda)
  • Luthfiya Ninda Ideliasari (Staf Muda)

 

Program Kerja:

  • Campus Care Program (CCP)

Campus Care Program (CCP) bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa Gizi FK UNDIP dalam menyampaikan aspirasi berupa kritik dan saran kepada birokrasi demi kemajuan Program Studi Gizi FK UNDIP. Program ini terdiri atas pengumpulan aspirasi mahasiswa dan kegiatan audiensi bersama dosen. Pengumpulan aspirasi dilakukan dengan mengisi google form yang telah dibagikan. Audiensi saat online diadakan dengan membuat meeting pada aplikasi Microsoft Teams dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa dan dosen. Sedangkan saat offline, audiensi akan dilaksanakan di Gedung Gizi yang dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dan dosen mengingat keterbatasannya ruang.

  • Banding UKT

Banding UKT merupakan program kerja yang bertujuan memberikan fasilitas berupa bantuan kepada mahasiswa yang keberatan dalam membayar UKT. Program ini terdiri atas pemberkasan, wawancara, dan sidang.

  • Gizi Peduli Sesama (GPS)

Gizi Peduli Sesama (GPS) merupakan program kerja yang bertujuan untuk membantu mahasiswa Gizi FK UNDIP yang mengalami musibah kecelakaan dan harus dirawat di rumah sakit ataupun meninggal dunia (termasuk bapak, ibu, kakak ataupun adik). Saat online kegiatan ini dilakukan dengan mengunggah informasi donasi sukarela melalui OA HMIG. Bagi yang ingin berdonasi, bisa dikirimkan melalui nomor rekening, OVO, Dana, dan Gopay yang tertera pada informasi donasi. Donasi ini akan dibuka selama 7 hari. Sedangkan di saat offline akan diedarkan dompet GPS ke seluruh kelas pada tiga angkatan aktif. Pengedaran dompet dilakukan selama 1-2 hari menyesuaikan jadwal perkuliahan. Hasil donasi akan disalurkan kepada mahasiswa yang sedang berduka.

  • Informasi Beasiswa

Informasi Beasiswa merupakan program kerja yang dilaksanakan dengan tujuan membagikan informasi penawaran beasiswa yang sekiranya dapat diikuti oleh mahasiswa Gizi FK UNDIP. informasi beasiswa selalu dibagikan melalui sosial media HMIG. Program kerja ini juga akan memberikan apresiasi kepada penerima beasiswa melalui unggahan di sosial media HMIG.

  • Bank Kesma

Bank Kesma merupakan program kerja yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa Gizi FK UNDIP dalam memberikan bantuan dana sukarela untuk mahasiswa FK UNDIP yang membutuhkan dana. Saat online, program ini dilakukan dengan mengunggah informasi donasi dan transparansi dana di sosial media HMIG. Informasi donasi dan transparansi dana akan dibagikan setiap bulan dengan rentang waktu 2 minggu. Sedangkan di saat offline akan diedarkan dompet Bank Kesma ke seluruh kelas di tiga angkatan aktif. Pengedaran dompet bank kesma akan dilakukan setiap 2 minggu. Di akhir kepengurusan, dana dari bank kesma akan disalurkan kepada mahasiswa FK termasuk mahasiswa Gizi FK UNDIP dalam bentuk Beasiswa FK sehingga donasi dari teman-teman akan memberikan kebermanfaatan kepada teman-teman penerima Beasiswa FK.

  • Database Mahasiswa

Database Mahasiswa merupakan program kerja yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data mahasiswa Gizi FK UNDIP demi mendukung kelancaran proses banding UKT. Di saat online, program ini dilaksanakan dengan mengunggah formulir data mahasiswa dalam bentuk google form melalui sosial media HMIG dan menyebarluaskan ke 3 angkatan aktif. Selain itu, program ini berkolaborasi dengan program Informasi Beasiswa untuk mengunggah apresiasi penerima Beasiswa. Sedangkan di saat offline program ini dilaksanakan dengan membagikan formulir hard copy kepada 3 angkatan aktif melalui Komting.