(024) 76402881 gizi@fk.undip.ac.id

HUBLU

Bidang Hubungan Luar

Hublu (Hubungan Luar)

Bidang ini menjembatani kebutuhan mahasiswa yang berhubungan dengan pihak luar, membina hubungan baik dengan internal maupun eksternal kampus, dan membranding HMIG kepada lingkungan eksternal.

Nama Pengurus:

  • Clarissa Patrecia (Ketua Bidang)
  • Nabila Eka Zahidah (Staf Ahli)
  • Raihanah Ajeng Kirana (Staf Senior)
  • Adila Nur Amalina (Staf Senior)
  • Felasiana Nurjihan (Staf Muda)
  • Ignasia Agatha Br Ginting (Staf Muda)
  • Qanita Herdy Salsabila (Staf Muda)
  • Ghina Tsaniyah Suci (Staf Muda)

Program Kerja:

  • Ilmagi Goes to School

ILMAGI Goes to School merupakan program kerja yang berisi talkshow dan kuis yang ditujukan kepada siswa-siswi SMA untuk mempromosikan Gizi FK UNDIP. Kegiatan talkshow berisi pengenalan Gizi FK secara lebih dalam dengan menghadirkan perwakilan mahasiswa Gizi FK dan pembicara yang merupakan alumni dari Gizi FK UNDIP untuk mengenalkan dan mempromosikan jurusan Gizi. Lalu, dalam talkshow tersebut juga terdapat edukasi gizi untuk generasi Z. Terakhir, terdapat kuis yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta terkait materi yang sudah disampaikan.

  • Microteaching – Gizi on Air

Microteaching – Gizi on Air merupakan pelatihan dalam bentuk seminar mengenai cara dan tips bagi mahasiswa gizi untuk melakukan nutrition broadcasting. Melalui program kerja ini, diharapkan mahasiswa gizi dapat menjadi penyedia informasi yang memiliki kemampuan public speaking yang baik sehingga informasi yang diberikan dapat diterima oleh masyarakat luas dengan mudah. Setelah microteaching, setiap peserta mendapat giliran untuk siaran di Radio Pro 2 RRI Semarang (2-3 peserta dalam sebulan) secara langsung (apabila secara offline) atau via telepon (apabila secara online).

  • Studi Banding Eksternal

Studi banding eksternal merupakan kegiatan studi banding dengan himpunan mahasiswa gizi universitas lain dengan tujuan untuk saling mengenalkan himpunan masing-masing, memaparkan visi dan misi, serta proker-proker tiap bidang. Terdapat juga diskusi antar bidang oleh masing-masing himpunan yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi serta membangun atau memperkuat kerjasama antar kedua himpunan. Selain itu, terdapat juga games yang diadakan untuk mencairkan suasana dan mempererat hubungan. Pada akhir studi banding, kedua belah pihak memberikan buah tangan sebagai kenang-kenangan.

  • Studi Banding Internal

Studi banding internal merupakan kegiatan studi banding dengan organisasi mahasiswa lain dalam lingkungan Universitas Diponegoro dengan tujuan untuk saling mengenalkan himpunan masing-masing, memaparkan visi dan misi, serta proker-proker tiap bidang. Terdapat juga diskusi antar bidang oleh masing-masing himpunan yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi serta membangun atau memperkuat kerjasama antar kedua himpunan. Selain itu, terdapat juga games yang diadakan untuk mencairkan suasana dan mempererat hubungan. Pada akhir studi banding, kedua belah pihak memberikan buah tangan sebagai kenang-kenangan.

  • Road to Nutricenter

Road to Nutricenter merupakan program kerja yang ditujukan untuk mahasiswa Ilmu Gizi FK UNDIP, khususnya mahasiswa semester 5, untuk menambah pengalaman, dan ilmu pengetahuan serta mengasah kemampuan softskill yang didapatkan dari lapangan. Selain itu, program kerja ini bertujuan memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai lapangan kerja yang berkaitan erat dengan Ilmu Gizi. Mahasiswa akan melakukan kunjungan pada rumah sakit untuk mengetahui penerapan Nutrition Care Process (NCP) pada pasien, industri pangan untuk mengetahui peran Ahli Gizi dalam perusahan tersebut, dan juga tempat wisata untuk hiburan.

  • Yellowpage

Yellowpage merupakan program kerja yang bertujuan untuk mengembangkan data seputar pembicara, pihak sponsor, dan alumni sehingga dapat mempermudah pengurus dalam mencari kontak, mekanisme, dan informasi terbaru mengenai pembicara, alumni, dan pihak sponsor untuk berbagai kegiatan HMIG.

  • Obrolan Gizi Sepintas (Obzitas)

Obzitas merupakan program kerja dalam podcast yang bertujuan untuk mem-branding HMIG UNDIP, melatih kemampuan public speaking, dan menyebarluaskan informasi mengenai gizi untuk masyarakat. Obzitas akan disiarkan oleh beberapa tim podcaster yang terdiri dari 2-3 orang secara bergantian selama 2 kali setiap bulan. Topik yang dibawakan dalam podcast adalah mengenai edukasi gizi, isu gizi, dan kehidupan mahasiswa gizi yang direkam dan kemudian dipublikasikan dalam spotify, instagram, dan youtube HMIG UNDIP.