(024) 76402881 gizi@fk.undip.ac.id

Nutrifest atau Nutrition Festival adalah acara terbesar Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi FK UNDIP yang dilakukan setiap tahunnya oleh untuk memperingati  Dies Natalies Ilmu Gizi FK UNDIP. Nutrifest sudah terselenggara sejak tahun 2017. Nutrifest dapat menjadi wadah untuk silaturahmi para alumni dan juga dapat menjadi wadah bagi karya-karya dari seluruh Indonesia.

Nutrifest terdiri dari 3 rangkaian acara, yaitu Lomba, Seminar Nasional, dan Family Gathering. Di tahun 2020 ini tentunya ada banyak upgrade yang menarik dari Nutrifest😆 Walaupun dengan keadaan yang terhalang pandemi, tapi itu tidak akan menghalangi berjalannya acara Nutrifest ini.

Yang pertama lomba. Di tahun 2020 ini, lomba dalam Nutrifest dibagi menjadi 2, yaitu lomba ilmiah dan lomba kesenian. Dalam lomba ilmiah itu sendiri dibagi lagi menjadi 3 cabang lomba yaitu Nutritional Conseling Contest, Dietetic Contest, dan Poster Competition yang dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus sampai 9 Septemper 2020 mulai dari registrasi lomba, Final pada 9 oktober 2020 dan pengumuman pemenangnya pada 31 Oktober 2020. Nutritional Conseling contest dan Dietetic Contest ini dapat diikuti oleh mahasiswa Diploma 3/S1 Gizi di seluruh Indonesia. Sedangkan Poster Competition dapat diikuti oleh mahasiswa Diploma 3/S1 Gizi di seluruh Indonesia, dan siswa SMA di seluruh Indonesia.

Yang kedua ada lomba kesenian. Nah lomba kesenian ini dibagi menjadi 3 cabang lomba yaitu Lomba Solo Vocal, Dance Competition, dan Tiktok Recipe Contest. Sama halnya seperti lomba ilmiah, registrasi dilakukan pada tanggal 5 Agustus sampai 9 September 2020, lalu pengumpulan karya pada tanggal 24 Oktober 2020 dan pemenang lomba diumumkan pada tanggal 31 Oktober 2020. Lomba kesenian dapat diikuti oleh mahasiswa aktif Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020.

Kegiatan lainnya yang ada di Nutrifest 2020 adalah Seminar Nasional. Seminar Nasional ini dibagi menjadi 3 series. Pada series pertama diadakan pada tanggal 31 Oktober 2020 dengan tema “Pencapaian SDG’S 2030 Terkait Gizi : Peluang dan Tantangan Akibat Pandemi COVID-19” yang dilaksanakan pukul 07.30 – 11.40 WIB melalui video conference Zoom dengan ibu Fillah Fithra Dieny, S.Gz, M.Si sebagai moderator dan beberapa pembicara diantaranya Dr. Entos Zainal, DCN, SP, MPHM sebagai Keynote Speaker. Selanjutnya ada 3 pembicara lainnya yaitu ibu Marina Ruly Wahyuningrum, S.Gz., ibu Dewi Fatmaningrum, S.Gz., M.Gz., dan bapak Ahmad Yani, S.Gz., M.K.M., RD.

Selanjutnya pada series 2, diadakan pada tanggal 7 November 2020 pukul 08.30 – 12.00 WIB melalui Zoom dengan tema masih sama dengan series 1 yaitu “Pencapaian SDG’S 2030 Terkait Gizi : Peluang dan Tantangan Akibat Pandemi COVID-19” dengan ibu Choirun Nisa, S.Gz., M.Gz. sebagai moderator. Selain itu terdapat 3 pembicara yang mengisi seminar ini diantaranya bapak Nuryanto, S.Gz., M.Gz., bapak Galeh Septiar Pontang, S.Gz., M.Gz., dan ibu Raden Rara Fika Rahmawati, S.Gz

Selanjutnya series 3 atau series terakhir dilaksanakan pada tanggal 14 November 2020 pukul 08.30-12.00 WIB melalui Zoom dengan tema yang masih sama dengan series sebelumnya yaitu “Pencapaian SDG’S 2030 Terkait Gizi : Peluang dan Tantangan Akibat Pandemi COVID-19” dengan Dr. Etika Ratna Noer, S.Gz., M.Si. sebagai moderator dan terdapat 3 pembicara diantaranya ada ibu Indah Wulandari, S.Gz., ibu Erta Aprita Aritonang, S.Gz., dan ibu Windar Purwaningtyas, S.Gz.

Selain lomba dan seminar nasional, masih ada satu kegiatan lagi dalam Nutrifest 2020 yaitu Famgath atau Family Gathering yang dapat diikuti oleh mahasiswa aktif dan alumni Gizi FK UNDIP. Famgath tahun ini mengangkat tema “Holding hands ti againts the world” dengan tagline “together we grow together we are strong” yang akan diadakan pada tanggal 15 November 2020 pukul 08.00 WIB melalui zoom meeting dan menggunakan dress code dengan tema white,grey, black, navy. Acara famgath ini terdapat berbagai kegiatan yang akan dipandu oleh Vitriasendy Ayu Kinanthi B selaku moderator. Kegiatan dalam famgath diantaranya ada talkshow alumni yang menghadirkan 3 orang alumni Gizi FK UNDIP yaitu Putri Miftakhul Jannal, S.Gz., Dian Estiningtyas, S.Gz., M.K.M., dan Hersanti Sulistyaningrum, S.Gz. Kegiatan lain dalam famgath yaitu ada awarding, ary performances, games, dan masuh banyak lagi.

Itu dia keseruan dan berbagai acara dalam Nurifest yang tidak bisa kita lewatkan. Nutrifest akan diadakan setiap tahunnya, jadi, tunggu apalagi? Ayo ikut Nutrifest!😍👍