(024) 76402881 gizi@fk.undip.ac.id

TEMPE GEMBUS
SEJUTA RASANYA, SEJUTA MANFAATNYA

Hello Nutrilicious!
Bertemu kembali niih dengan Giziklopedia untuk
Nah, kali ini Giziklopedia akan membahas mengenai “TEMPE GEMBUS”
Yuk disimak!

Pembaca yang berbahagiaa, siapa yang disini belum pernah megonsumsi tempeh gembus ?
Nahh, tempeh gembus merupakan hasil olahan ampas tahu yang difermentasi dengan menggunakan beberapa jenis kapang Rizhopus sp. Tempe mengandung sembilan jenis asam amino esensial, enam jenis asam amino non-esensial, dan kadar serat yang tinggi. Penambahan enzim bromelin dapat meningkatkan penguraian protein menjadi asam amino.

Memelihara Kesehatan Jantung
Dengan adanya kadar antioksidan dan isoflavon yang tinggi, serta adanya homosistein yangmana dapat menurunkan stress oksidatif sehingga dapatmenurunkan risiko penyakit jantung.

Membantu Pencernaan
Tempe gembus dapat memperlancar sistem pencernaan karena mengandung serat tinggi. Serat tempe gembus bahkan tiga kali lebih besar dibandingkan tempe kedelai. Ternyata, di dalam tempe gembus terdapat zat bromelain yang berguna dalam meningkatkan sistem pencernaan.

Mengatur Kenaikan Kadar Gula dalam Darah
Kandungan serat dan asam amino yang terdapat dalam tempe gembus salah satunya adalah glisin yang dapat menurunkan resistensi terhadap insulin.

Mengandung Antioksidan Tinggi
WOW, ternyata tempe gembus memiliki antioksidan yang tinggi lhoh. Dimana zat bioaktif petida dapat menangkal radikal bebas secara efektif. Hal ini berkaitan dengan asam amino yang dihasilkan oleh tempe gembus berupa tirosin, histidin, fenilalanin, lisin, dan isoleusin yang dapat mendukung kinerja antioksidan.

Dalam pengolahan tempe gembus untuk mendapatkan manfaat yang optimal tentu harus melihat rasa, tekstur dan warna. Aspek gizi dapat dilihat dengan mempertimbangkan sifat organoleptik tempe gembus. Tekstur tempe ditentukan oleh stabilitas emulsi. Emulsi tempe yang stabil akan menghasilkan tekstur lunak atau kompak dan sifat irisan halus. Tekstur yang kompak pada tempe akan membuat produk tersebut lebih enak. Rasa termasuk komponen yang sangat penting untuk menentukan kualitas tempe. Pengolahan tempe gembus sendiri harus dengan dimasak dengan suhu tinggi. Bisa digoreng, direbus atau dikukus. Berbagai macam produk olahan tempe gembus banyak dijumpai di sekitar kita, seperti mendoan, tumis oseng, dan lainnya.

Sumber :
Alviche, Lola and Afifah, Diana Nur and Fitranti, Deny Yudi. Kandungan Gizi dan Mutu Protein Berbagai Olahan Tempe Gembus. IOP Conf Ser Earth Environ Sci. Jilid 116. 2018
Ulandari, NKY. Sukarso, AA. Rasmi, DAC. Uji Daya Terima Tempe Gembus pada Masyarakat Kota Mataram. Jurnal Kependidikan. Vol 13. No (2). 183-192. 2016.

“Taking care of your mental and physical health is just as important as any career move or responsibility.”
— Mireille Guiliano

Bidang Penelitian, Penalaran, dan Keilmuan
Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi