(024) 76402881 gizi@fk.undip.ac.id

[Momordica charantia : Si Pahit ini banyak manfaatnya, loh!]

Halo, Nutrilicious!

Giziklopedia kembali lagi, nih

Kali ini kita akan membahas si pahit M. charantia atau yang biasa kita kenal sebagai buah pare

Wah, penasaran kan?

Yuk langsung aja disimak!

Pare (Momordica charantia) di beberapa tempat dikenal sebagai bitter melon atau labu pahit karena memang semua bagian tanaman memiliki rasa yang pahit. Dalam bahasa latin “Momordica” berarti ‘menggigit’, mengacu pada pinggiran daunnya yang bergerigi terlihat seperti habis digigit. Pada pengolahannya, buah tanaman ini biasa diolah sebagai sayuran. Meskipun pare ini memiliki rasa yang pahit, tapi memiliki berbagai efek bioaktif yang tidak disediakan oleh sayuran lain.

Bagian-bagian tanaman ini baik buah, daun, batang, hingga akar sejak lama telah digunakan sebagai obat tradisional dalam berbagai pengobatan seperti, obat diabetes, obat sakit gigi, bahkan diare. Beberapa senyawa bioaktif buah pare telah tercatat dalam literatur penelitian, diantaranya adalah jenis polisakarida, protein, lipid, triterpenoid, saponin, polipeptida ,flavonoid, alkaloid dan sterol. Polisakarida yang terdapat dalam pare adalah Arabinosa, Rhamnosa, dan Mannosa yang terbukti berperan sebagai antioksidan. Protein dan polipeptida memiliki peran yang utama dalam buah ini, antara lain sebagai antitumor, penekan kekebalan, dan antimikroba. Antara tipe proteinnya yang terdiri dari M. charantia lectin (Tipe II RIP) dan α –MMC telah terbukti secara spesifik berperan sebagai penghambat sel-sel kanker.

Aktivitas biologis lainnya pada pare yaitu antidiabetik sebagai peran polipeptida, polisakarida, dan terpenoid pada buah dan bijinya. Pare juga memiliki aktivitas penyembuhan luka pada diabetes dengan meningkatkan ekspresi protein poliferasi dan diferensiasi sel (TGF-β) dalam jaringan luka. Selain itu, terdapat pula aktivitas hipolipidemik sebagai peran dari kandungan saponin pada buah.

Gimana? Banyak sekali ya studi yang telah dilakukan mengenai manfaat tanaman ini. Sejauh ini, penelitian melaporkan bahwa pengolahan buah ini sebagai produk pangan masih dalam tahap awal, loh. Pastinya sobat Nutrilicious juga akan menjadi bagian, dong, dalam berinovasi dengan menjadikan pare sebagai bahan baku, mengingat manfaatnya yang banyak banget itu! Yuk kembangkan ide-ide kalian J

 

Sumber: Jia S, Shen M, Zhang F, Xie J. Recent Advances in Momordica charantia: Functional Components and Biological Activities. 2017; 18(2):2555