(024) 76402881 gizi@fk.undip.ac.id

[ MITOS atau FAKTA: Buah Nanas Dapat Menyebabkan Keguguran pada Ibu Hamil ]

Haii Nutrilicious!
Bertemu lagi niih dengan Giziklopedia di bulan November
Kira-kira Giziklopedia akan membahas tentang apa yaa?
Jadi kali ini Giziklopedia akan membahas tentang pengaruh buah nanas terhadap kehamilan
Yuk simak bersama

Nanas merupakan buah yang banyak dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis, salah satunya di Indonesia. Nanas mengandung vitamin C yang tinggi, gula, mineral, dan enzim bromelin. Kandungan vitamin C yang tinggi pada nanas memiliki efek antimikroba dan antioksidan.

Enzim bromelin adalah ekstrak berbentuk cairan yang didapat dari batang dan buah nanas muda. Enzim ini dapat menstimulasi peningkatan prostaglandin dan meningkatkan kontraksi uterus, khusunya pada wanita hamil. Enzim bromelin memiliki efek abortifikasi, yaitu menghambat implantasi, meningkatkan kontraksi uterus, dan bersifat racun bagi embrio. Enzim bromelin juga dapat menghidrolisis kolagen yang menyebabkan tubuh janin menjadi sangat lunak. Degradasi kolagen oleh bromelin dapat menyebabkan penurunan bobot badan serta pertumbuhan dan perkembangan janin secara keseluruhan. Selain itu, buah nanas juga mengandung nilai Indeks Glikemik (IG) sedang yang dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional pada ibu hamil. Maka dari itu, bagi wanita yang sedang hamil muda disarankan untuk tidak mengkonsumsi nanas muda terlebih dahulu karena berpotensi menyebabkan keguguran.

Nah, sudah pada tahu kan kalau nanas muda bisa merangsang kontraksi usus dan berpotensi menyebabkan keguguran pada wanita hamil muda. Untuk itu, berhati-hatilah memilih makanan yang tepat bagi ibu hamil yaa.

Sumber:
Diana R, Rachmayanti RD, Anwar F, Khomsan A. Food Taboos and Suggestions among Madurese Pregnant Women: Qualitative Study. Journal of Ethnic Food. 2018; 5: 246-253.

Cunningham GF, Leveno KJ, Bloom SL, Hauth JC, Rouse DJ, Spong CY,et al. Obstetri Williams. Edisi 23. Jakarta: EGC; 2012.

Bidang Penelitian, Penalaran, dan Keilmuan
Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi