(024) 76402881 gizi@fk.undip.ac.id

Hello Nutrilicious!
Gimana kabarnya nih? Semoga semuanya sehat yahh…. Bertemu lagi dengan Giziklopedia di bulan Juli. Kali ini, Giziklopedia akan membahas terkait makanan yang dapat menyehatkan kulit.
Wah, kira-kira apa saja yaa… Daripada penasaran yuk langsung disimak sajaa yaa ;’)

Daun Lidah Buaya (Aloe vera)
Daun lidah buaya mengandung 2 jenis antioksidan yang penting bagi kulit yaitu tanin dan aloin. Tanin berguna untuk mempertahankan kondisi kulit supaya tetap lembab dan kenyal. Sedangkan aloin mampu menghambat enzim kolagenase secara reversibel sehingga dapat meningkatkan jumlah sel fibroblast yang dihasilkan oleh kulit. Berdasarkan penelitian, konsumsi gel lidah buaya secara signifikan dapat mengurangi keriput dan dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Tomat (Solanum lycopersicum)
Tomat memiliki berbagai macam vitamin dan senyawa antioksidan yang baik bagi kesehatan, terutama likopen. Likopen mampu mengendalikan radikal bebas 100 kali lebih efisien daripada vitamin E atau 12.500 kali daripada gluthation. Antioksidan ini bersifat hifrofilik dan lipofilik yang bekerja dengan cara mengikat radikal bebas dan memperbaiki struktur matriks ekstravaskuler sehingga dapat memperlambat proses penuaan pada kulit. Likopen sebagai antioksidan didefinisikan sebagai senyawa yang dapat menunda, memperlambat, dan mencegah proses oksidasi lipid.

Alpukat (Persea americana)
Alpukat merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin E. Kandungan Vitamin E dalam buah alpukat berperan sebagai senyawa antioksidan yang berguna untuk menghaluskan kulit. Selain itu, mengkonsumsi buah alpukat juga dapat menghilangkan kerutan, sehingga wajah terlihat lebih awet muda. Alpukat juga mengandung gula D-manno-heptulosa yang berguna untuk meregenerasi sel kulit dengan meningkatkan pembentukan kolagen sehingga kulit menjadi semakin kencang.
Kandungan buah alpukat yang tidak kalah pentingnya adalah L-glutathione. Senyawa ini berperan untuk mengaktifkan beberapa antioksidan yang ada di buah alpukat. Dengan adanya senyawa ini, maka semua antioksidan yang ada di dalam buah alpukat dapat menjalankan fungsinya secara maksimal.

Nanas (Ananas comosus)
Nanas merupakan buah yang mengandung vitamin C dan beta karoten yang tinggi. Kandungan antioksidan ini mampu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan polusi udara. Selain itu, senyawa antioksidan pada buah nanas dapat mengurangi keriput dan meningkatkan tekstur kulit pada wajah, sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembab. Vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen yang dapat memberi kekuatan dan struktur pada kulit.

Nah, sekarang sudah pada tahu kan apa saja makanan yang dapat menyehatkan kulit. Siapa sih yang mau kulitnya kering dan terlihat keriput?? Pasti nggak ada yang mau kan.
Jadi mulai sekarang, yukk konsumsi makanan tersebut

Sumber :
1. Pimple BP, Badole SL. Polyphenols: A Remedy for Skin Wrinkles. Department of Pharmacognosy, PES Modern College of Pharmacy, Pune, Maharashtra, India. 2017.
2. SI, Dewandari KT, Sunarmani. Potensi Likopen Dalam Tomat Untuk Kesehatan. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian. Buletin Teknologi Pascapanen Pertanian.2010;3.
3. Surbakti, ES Berawi KN. Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) sebagai Anti Penuaan Kulit. J. Majority.2016;5(3):74.

Your Diet is a Bank Account
Your Food Choises are Good Investments.”  ~ Bethenny Frankel

Bidang Penelitian, Penalaran, dan Keilmuan
Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi

#NyatakanCinta
#HMIGMilikKita