(024) 76402881 gizi@fk.undip.ac.id

[ Giziklopedia ]

Hi Nutrilicious!
Bertemu lagi nih dengan Giziklopedia.
Nah kali ini, Giziklopedia akan membahas tentang 6 level minuman. Sudah pernah dengar atau belum nih? Yuk disimak!

6 level minuman ini didasarkan pada sistem pedoman minuman yang membagi minuman ke dalam 6 kategori dan mengurutkannya sesuai kebutuhan sehari-hari. Minuman pada tingkat 1 adalah minuman yang harus dikonsumsi sebagai minuman utama, sedangkan minuman pada tingkat 6 adalah minuman yang konsumsinya harus paling dibatasi.

Jadi, apa saja ya minuman-minuman yang ada di tiap levelnya?

Level 1: Air Mineral
Konsumsi air mineral penting untuk metabolisme serta fungsi fisiologis. Selain itu, air mineral dapat memberikan mineral esensial seperti kalsium, magnesium, dan fluor. Air mineral disarankan untuk dikonsumsi minimal 8 gelas perhari.

Level 2: Kopi dan Teh
Apabila tidak diberi tambahan apapun, kopi dan teh merupakan minuman tanpa kalori dan kaya akan antioksidan, flavonoid, dan zat aktif lainnya. Disarankan untuk mengonsumsi kopi dan teh antara 2-4 cangkir perhari. Penambahan gula, krimer, whipped cream, dan lain-lain dapat mengubah kedua minuman ini menjadi minuman yang tidak terlalu sehat.

Level 3: Susu Lowfat, Skim, dan Susu Kedelai
Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D bagi anak-anak. Susu lowfat dan susu skim memiliki lebih sedikit lemak dibandingkan susu murni. Akan tetapi, susu lowfat tetap memiliki kalori yang cukup tinggi, sehingga konsumsi untuk orang dewasa dibatasi cukup 1 gelas perhari dan untuk anak-anak cukup 2 gelas perhari.

Level 4: Berpemanis Tanpa Kalori
Minuman seperti soda diet dan minuman diet lainnya biasanya menggunakan pemanis buatan tanpa kalori seperti aspartam, sakarin, atau sukralosa. Meskipun tidak memiliki kalori, minuman ini tidak dapat menggantikan air dan tetap dapat berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan. Konsumsi minuman ini dibatasi cukup kurang dari 1 gelas perhari.

Level 5: Minuman Berkalori dengan Beberapa Zat Gizi
Kategori ini meliputi jus buah, susu, jus sayur, minuman bervitamin, dan minuman isotonik. Meskipun memiliki zat gizi, minuman-minuman ini tetap memiliki kalori yang cukup tinggi. Maka dari itu, konsumsinya dibatasi cukup ½ cangkir perhari.

Level 6: Minuman Manis Berkalori
Kategori ini merupakan minuman yang paling tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi sehari-hari. Contohnya adalah soft drink dan minuman yang menggunakan gula atau pemanis berkalori lainnya.

Nah sudah tahukan level dari setiap jenis minuman? Yuk mulai perhatikan jenis minuman yang kita konsumsi sehari-hari!

Sumber: Popkin, Barry M, dkk. 2006. A new proposed guidance sustem for beverage consumption in the United States. American Journal of Clinical Nutrition. 83(3):529-542.

If we eat any food, or drink any beverage, we must recite a blessing over them before and after.” – Shmuel Yosef Agnon

Bidang Penelitian, Penalaran, dan Keilmuan
Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi

#NyatakanCinta
#HMIGMilikKita