(024) 76402881 gizi@fk.undip.ac.id

[ MANFAAT PUASA ]

Hello Nutrilicious!
Bertemu kembali niih dengan Giziklopedia di bulan Mei
Nah, kali ini Giziklopedia akan membahas mengenai “MANFAAT BERPUASA”
Yuk disimak!

Puasa adalah tindakan berpantang dari makanan, minuman, perbuatan buruk, dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu. Berpuasa dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah. Di samping itu, ternyata masih banyak yang belum menyadari manfaat puasa bagi tubuh. Berikut manfaat puasa bagi kesehatan tubuh:

Penurunan Berat Badan
Berpuasa di bulan Ramadan dapat menurunkan berat badan. Penurunan berat badan ini terjadi karena berbagai mekanisme seperti penurunan asupan energi, penurunan total cairan tubuh, serta konsumsi makanan dan minuman yang hanya dilakukan di malam hari sehingga dapat menunda penyerapan karena rendahnya pengosongan lambung dan aliran darah dibandingkan di siang hari. Akan tetapi, berat badan ini dapat kembali jika tidak menjaga pola makan setelah bulan Ramadan usai.

Peningkatan Kadar HDL
Berpuasa di bulan Ramadan dapat menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar HDL secara signifikan. Peningkatan kadar HDL dapat dipertahankan minimal sampai 1 bulan setelah Ramadan. Perilaku makan kualitatif, restriksi kalori, dan waktu makan berkontribusi pada peningkatan kadar HDL.

Pencegahan Obesitas
Berpuasa Ramadan dapat menurunkan berat badan, lingkar pinggang dan panggul, serta IMT.

Pencegahan Diabetes
Pencegahan diabetes dapat terjadi karena berpuasa Ramadan dapat menurunkan resistensi insulin dan kadar insulin puasa, meningkatkan sensitivitas insulin dan penyerapan glukosa, penurunan lipolisis, serta penurunan berat badan.

Nah, sekarang sudah pada tahu kan manfaat berpuasa. Selain diwajiabkan dalam agama, berpuasa juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Tetap semangat menjalankan puasa sampai hari terakhir ya. Semoga bermanfaat!

Sumber:Maideen NMP, Jumale A, Alatrash JIH, dan Sukkur AAA. Health benefits of Islamic intermittent fasting. Journal of Fasting and Health.2017;5(4):162-171.

Periodic fasting can help clear up the mind, strengthen the body, and the spirit.
~ Ezra Taft Benson

Bidang Penelitian, Penalaran, dan Keilmuan
Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi

#NyatakanCinta
#HMIGMilikKita