(024) 76402881 gizi@fk.undip.ac.id

Konsumsi Oat Banyak Manfatnya

Hallo Nutrilicious!
Bertemu lagi nih dengan Giziklopedia di bulan April!
Kali ini, Giziklopedia akan membahas terkait oat dan manfaatnya lho!
Jadi, apa sih oat itu? dan manfaat apa saja yang terkandung dalam oat? Yuk disimak!

Oat adalah golongan serealia yang sudah banyak dikonsumsi karena mengandung serat dan gizi yang cukup tinggi bagi tubuh. Berikut manfaat oat:

Menurunkan Risiko Diabetes
Kandungan beta glukan yang tinggi dalam oat dapat menurunkan respons glukosa setelah makan dan dapat memperbaiki sensitifitas insulin sehingga kadar glukosa dalam darah dapat dikontrol.

Mengontrol Kadar Kolesterol Dalam Tubuh
Beta glukan yang terkandung didalam oat dapat membentuk gel di dalam usus sehingga dapat menghambat penyerapan kolesterol dan mengikat asam empedu untuk membantu menyerap lemak dalam makanan. Kedua fungsi ini dapat mengurangi peredaran kolesterol di dalam darah sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Sebagai Antioksidan
Oat mengandung antioksidan yang disebut avenanthramide. Antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, oat juga mengandung antioksidan lain seperti asam fitat, vitamin E, dan fenolat.

Mencegah Obesitas
Tekstur serat yang kental dapat memperlambat pengosongan lambung sewaktu transit di usus besar. Hal ini dapat memperlama rasa kenyang sehingga nafsu makan bisa dihambat dan keinginan untuk makan akan berkurang.

Ternyata oat banyak manfaatnya ya. Yuk mulai rajin mengkonsumsi oat dengan makanan pendamping yang sehat pula. Semoga bermanfaat!

Sumber :
Weichselbaum, E., Broom, M., et al. Oats For Health: A research summary for health professionals. Chalmers University of Technology, Gothenburg, Sweden. 2014.

Take care of your body.  It’s the only place you have to live.”  ~Jim Rohn

Bidang Penelitian, Penalaran, dan Keilmuan
Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi

#NyatakanCinta
#HMIGMilikKita