(024) 76402881 gizi@fk.undip.ac.id

Mengkonsumsi makanan pedas untuk sebagaian orang merupakan hal yang wajib dilakukan. Apabila makanan tidak pedas orang akan cenderung tidak menyukainya. Namun pedas bukan merupakan rasa dasar. Pedas merupakan sensasi yang dihasilkan dari senyawa biotik, yang menghasilkan sensasi panas sehingga timbulah rasa pedas dilidah. Senyawa yang menimbulkan rasa pedas yaitu Capsaicinoid. Capsaicinoid yang menyebabkan rasa pedas dari cabai adalah senyawa turunan dari fenilpropanoid yaitu capsaicin, dimana senyawa capsaicin merupakan capsaicin primer yang terdapat dalam cabai, diikuti oleh dihidrocapsaicin, dan senyawa lainnya. Capsaicin yang merupakan sebuah alkaloid, digunakan sebagai aditif makanan untuk memberikan rasa pedas dalam makanan yang diformulasikan.

Menurut dr.Diana Nur Afifah, S.TP.,M.Si selaku ketua Prodi S-1 Ilmu Gizi FK UNDIP “Ada penelitian yang menyatakan bahwa rasa pedas juga dapat dijadikan sebagai alternatif anti kanker, anti diabet dll. Tetapi penelitian tersebut akan terus berjalan, sehingga akan diketahui manfaat lebih luas terkait rasa pedas. Sensasi pedas memang bermanfaat untuk sebagian orang, tetapi jika kita tidak kuat terhadap senyawa tersebut maka dianjurkan untuk mengambil alternatif yang lain untuk terapi dan pencegahan”.

Capsaicin mempunyai potensi yang tinggi dalam bidang farmasi sebagai anti kanker, anti artritis dan analgesik di samping turut mempunyai nilai komersil dalam industri makanan. Efek dari makanan pedas tergantung pada sensitivitas orang. Bagi orang yang menyukai pedas maka akan meningkatkan nafsu makan, tetapi sebaliknya jika orang tidak menyukai pedas makan akan menurunkan nafsu makan. Mengkonsumsi makanan pedas dengan aman dapat memperhatikan beberapa hal diantaranya mengukur sensitifitas kepekaan diri terhadap level pedas, menjaga kebersihan saat membuat makanan, serta jangan memaksakan diri terhadap level pedas jika tubuh memiliki sensitifitas terhadap pedas karena hal itu dapat menimbulkan iritasi usus dan gangguan pencernaan. Hal ini perlu diperhatikan dalam upaya mendukung tujuan SDGs #2 Zero Hunger dan SDGs #3 Good Health and Weel-Being.